Bunga-bunga di mana-mana

Ungkapan “katakan dengan bunga” sangat terasa di Belanda. Saat pertama kali menjejakkan kaki di Bandar Udara Internasional Schiphol, Amsterdam, saya melihat rangkaian bunga berwarna cerah banyak dibawa para penjemput untuk menyambut sahabat mereka yang baru saja tiba. Kehangatan sebuah perjumpaan kian lengkap dengan buket bunga yang diserahkan sebagai tanda kasih.

Di Utrecht juga demikian. Toko bunga bisa ditemukan di pinggir-pinggir jalan. Saya senang melihat penjual bunga yang menjajakan dagangannya di bawah tenda. Aneka bunga ditaruh di dalam wadah-wadah besar menanti pembeli.

bunga-01
Dan hati saya kian berbunga-bunga sewaktu melihat segerombolan bunga matahari. Saya jatuh hati pada jenis bunga yang satu ini sejak dahulu kala. Bagi saya, ia bunga termanis sejagat. Saya menemukannya di sebuah gerai di atas jembatan kecil di mana sungai yang bersih mengalir di bawahnya.

Karib bunga matahari juga dapat dijumpai di sini. Mawar misalnya.

bunga-02

Duh, hati siapa tak merona saat melihat kuntum-kuntum mawar yang cantik.

Ini juga…

bunga-09

Atau ini

bunga-04

Bunga beraneka warna

bunga-05

Cukup 5 euro saja dan kalian sudah bisa membawa pulang 20 batang

bunga-03

Selain bunga potong, ada juga bunga di dalam pot. Yang ini 2,99 euro

bunga-06

Bunga menghiasi jalan dalam kota

bunga-07

dan mempermanis sepeda

bunga-08

Kalau nanti kalian berkunjung ke Utrecht, bunga dapat ditemukan di mana-mana; ditanam di bawah jendela rumah, dijumpai di meja-meja kafe di ruang terbuka, di toko bunga stasiun, di tanam di tiang-tiang di sepanjang trotoar (yang awalnya saya kira adalah bunga plastik. aduduh), di mana-mana. Pemandangan orang membawa buket bunga juga mudah ditemukan.

Data dari Flower Council of Holland menyebutkan pada tahun lalu pertanian bunga potong di negeri ini mencapai 2.809 hektar, sedangkan bunga dalam pot mencapai 1.431 hektar. Dan tahukah kalian, posisi teratas masih ditempati oleh mawar, disusul dengan krisan dan tulip.

Jika ada kesempatan, ayo, kunjungi Utrecht dan nikmati perasaan yang berbunga-bunga :)

2 thoughts on “Bunga-bunga di mana-mana

  1. Di sini juga banyak bunga. Anggrekku lagi berbunga, dan sat tanaman yg selama 3-4 tahun terakhir tak berbunga, eh tahun ini berbunga banyak (cuma serumpun, tapi ada beberapa bunga) ;)

  2. bener banget ta, kebiasaan beli bunga dengan mudah untuk diri sendiri atau untuk dikasih kalau kita berkunjung itu ngangenin banget banget. *daydreaming*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *