Rindu, Gunung, dan Bukit

Perempuan mengirim pesan pada lelaki yang dikasihinya; aku rindu. Lelaki ganti mengirim pesan; aku juga.

Perempuan mengirim pesan pada lelaki yang dikasihinya; aku rindu. Rinduku Menggunung. Lelaki membalas pesan; aku juga rindu. Belum menggunung. Masih bukit.

Perempuan terdiam. Masih bukit?, pikirnya dalam hati. Hanya bukit?, pikirnya lagi masih dalam hati. Mmm…

Lelaki tersadar, sesaat setelah mengirim pesan. Tapi tak diralatnya pesan tentang bukit rindu tadi.

Dan perempuan itu setengah merajuk berkata:
di mana-mana itu bukit lebih rendah daripada gunung. jadi rinduku padamu jauh lebih tinggi ketimbang rindumu padaku. atau begini, setiap harinya rinduku padamu bergerak menurut deret ukur, sedangkan rindumu padaku berjalan seperti deret hitung. Oh …

Lelaki yang sabar juga tampan itu ganti berkata:
jangan berpikir begitu. bukit itu bukan berarti lebih rendah dari gunung. bukit barisan itu coba. terbentang luas.

Dan keduanya tertawa.

Perempuan berkata pada lelaki yang dikasihinya; aku rindu. Lelaki balas berkata; aku juga.

Kali ini rindu saja tanpa satuan. Hanya rindu. Lagipula adakah satuan yang tepat untuk dapat menggambarkan perasaan? untuk mendeskripsikan rindu, untuk menjabarkan luasnya kasih, untuk menerangkan suka cita yang berkumpul di hati saat menghabiskan menit-menit bersama yang terkasih?

Dan perempuan itu tak lagi merajuk (ah, ia sebenarnya memang tak berniat merajuk, ia hanya senang membahas hal-hal tak penting bersama lelaki itu. buatnya ini menyenangkan :))

59 thoughts on “Rindu, Gunung, dan Bukit

  1. Aih, Atta, aku juga rindu, padahal kemana-mana berdua. Tetep aja rindu. Ditinggal pipis aja rindu. Jadi? Jadi aku juga rindu dirimu, Ta. Seneng aja denger suaranya Atta yang menggelegar… Makan sop buntut lagi, yuk!

  2. jadi inget temen gw yang punya koleksi lagu malasia….
    rinduuuuuuu… rindu serindu rindunyaaa…

    yup bener k’lo udah urusan perasaan memang gak pernah mengenal konstanta…

  3. Assalamualaikum………….
    Atta, rindu memang indah tak terkata. Kalau menurut saya Rindu ibarat gemericik air yang menuju ke muara…
    Dan kerinduan yang kamu tuliskan membuat saya merindu untuk bersua denganmu. Minta emailnya dong Neng, kamu kedengarannya (emang terdengar), keliatannya (emang terlihat) pokoknya asyik punya gitu.
    salam ya, en jangan sampai kehilangan subuhmua…
    Wassalamualaikum………

  4. aku juga rindu, dan rinduku terbawa angin. tapi semakin jauh, rinduku semakin lemah. entah apakah akan sampai kepadanya.

    aku rindu, pernah meradang, tapi sekarang hilang. aku tak tahu apakah rinduku akan kembali meradang.

    aku rindu, tapi aku tak tahu apakah dia masih pernah merindukan aku jauh di dalam hatinya. setiap kali kukirimkan pesan, dia membalasnya dengan senyum, dan berkata “aku baik-baik saja”.

  5. gunung dan bukit adalah sebuah perumpamaan saja padahal cuman ingin bilang rindu pake gunung dan bukit… rindu ya kudu ketemu… :)

    kalo si apri lucu rindu pesannya lewat burung merpati…:D

  6. hey, rindu yah? sama dong, makanya mampir niy, pa kbr? smakin bagus aja deh, msh yg tbaik, fans-nya jg makin banyak aja lol..da ahh mo mlepas rindu dulu baca2 arsip2 sblmnya, banyak euy! tp gpp namanya aja rindu, ya ga sih..

  7. huwaaaa…mbak attaaaa…dikau membuat diriku merindu pada tanah airku indonesiaaahhh. Aku kangen Djakartaaa. Kembalikan daku pd orang tuaku *loh* hahaha :P

  8. sesama tante asik harus saling menguatkan:

    yang tabah ya bu.. jangan sedih. hahahah

    dooohh… sampai kapan sih dirimu mau menyiksaku dengan sejuta rasa iriii… sebel deh!

  9. jadi inget …
    semua kata rindumu semakin membuatku, tak berdaya aaa, menahan rasa ingin jumpa aaa
    percayalah padaku aku pun rindu kamu, ku akan pulanggg, melepas semua kerinduan yang terpendam…
    sayang yang dikangeni udah gak kangen lagi, hiks!

  10. Rindu, dan perasaan turunan- yang menyertainya.. kata orang Irlandia: These kind of feelings make the world go round-and-round..

    Tiada satuan rindu yang cukup tangibel melukiskan atau mampu mengukur rasa tsb pada seseorang, selain dari ia bisa sakit akibat-nya [Rindu].

    Semoga rindu-mu akan dia dan perihal lainya bisa segera terobati dan membuatmu bahagia.

    Saya juga rindu bgt sama si idung pesek di kampung.. serta rindu bikin kaget dirimu lagi dikantor seperti tempo hari :)

    Salam hangat dari kampret sawah afrika :)

  11. perempuan mengirim pesan pada lelaki; Aku rindu..
    Perempuan sedang menunggu pesan balasan….
    Tetap menunggu dengan resah….
    Lelaki membalas ; Aku sedang mendaki rinduku yang menggunung untuk membalas sms mu….

  12. Ass. Wr Wb

    Rindu dengan penggambaran sebagai bukit dan gunung, berarti rindu yang ingin ditunjukkan

    Tapi, rindu yang terpendam akan digambarkan dengan wujud object dalam bumi, “Rinduku sedalam lautan”

    Rindu yang “win wi solution” alias rindu bokis diucapkan dengan “Rinduku sama luas dan dalamnya dengan rindumu”..

    :D betul?!

  13. percakapan via sms :

    A: met malam sayang
    B: met malam juga
    A: aku rindu
    B: aku juga rindu
    A: met bobok
    B: met bobok juga sayangku
    A: bye
    B: bye
    A: cu tomorrow
    B: cu
    A: i love u
    B: mmmuahhh
    dst……

    begitulah operator telepon seluler mendapatkan uangnya :-)

  14. akupun merindu…
    lelaki berkulit coklat yang menggoda
    senyum manis dengan lesung pipinya
    kami saling mencinta
    namun waktu tak berpihak
    hiks….

    salam kenal dariku yang ingin tumbuh sepertimu

  15. Atta,
    Membaca tulisanmu di sore yang mendung ini
    Membuatku menitikkan airmata
    Betapa lama tidak membaca sesuatu yang indah
    Ah Atta,
    Kamu ini berjiwa indah
    How I learn to appreciate beauty even if it’s not pretty
    Sore ini tulisan sederhanamu tentang rindu
    telah membungkus anganku yang lama beku
    Hampir lupa rasanya merindu dan dirindu…
    Aku bahagian untukmu dan lelaki yang beruntung itu…
    Salam Kenal

  16. Pingback: VideoPoker
  17. rindu tanpa satuan, hanya rindu saja!
    pemikiran baru buat saya….

    mungkin perlu waktu lebih dalam untuk merenungkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *