Maukah Kau?

You could have been anyone at all
A stranger falling out of the blue
I’m so glad it was you
(Carole King – Anyone At All)

Kamu, apa yang sedang kamu lakukan sekarang?
Tanya ini kadang-kadang saja muncul di kepalaku. Pagi hari. Saat menghabiskan sarapan dan membalik-balik koran pagi sebelum bertolak ke kantor.

Kamu … kamu mungkin tengah menikmati selapis roti bakar yang dibelah segitiga dengan lapisan nutella tebal di tengahnya. Ada teh manis hangat. Dan musik mengalun. Atau, kamu masih meringkuk di tempat tidur. Dengan selimut menutupi sebagian tubuhmu. Dan meringkuk lebih ringkuk, menghindari matahari yang mencoba menyelusup dari balik jendela kamarmu. Atau …

Kira-kira apa yang kamu kerjakan sekarang?
Tanya ini tiba-tiba saja hadir saat jeda pekerjaan. saat tenggelam dalam lalu lintas Jakarta dan memandang orang-orang lalu lalang. Apa yang sedang kamu kerjakan?

Kamu … kamu mungkin tengah membuat sketsa rancangan (kamu bisa saja bekerja di sebuah perusahaan pengembang dan sedang merancang hunian mungil di pinggiran Jakarta). Atau, kamu mungkin sedang membacakan cerita untuk anak-anak kelas tiga, saat ibu guru mereka absen, kamu menyisihkan waktumu untuk mengunjungi kelas sebelah (ya, kamu bisa jadi seorang guru). Mmm … mungkin kamu tengah berada di sebuah jumpa pers dan menunggu dengan sabar sampai narasumber yang ingin kamu temui turun dari mimbar (siapa tahu kamu ternyata jurnalis ;)), atau kamu tengah mengitari kebun kentang di Pengalengan. Menyelam di Taman Nasional Wakatobi. Menonton tayangan ulang sepak bola tadi malam. Menghabiskan teh tarik di sela-sela tugas kemanusiaan di Aceh sana. Ah, kamu … mungkin juga sedang memotret :D, menyelesaikan esay foto tentang kisah anak-anak di pinggir rel. Atau sedang menyelesaikan sebuah patung (kamu … mungkin tidak ya kamu seorang perupa?). Atau menulis. Atau memangkas rumput halaman belakang. Atau tertawa. Atau berada di ruang tengah rumahmu, dengan celana pendek dan kaos, bercanda dengan hewan peliharaan, makan pisang goreng, bersantai sepanjang siang karena saat ini kamu tidak sedang menggarap iklan (siapa tahu kamu bekerja di rumah produksi). Atau sedang meracik bumbu nasi goreng. Belajar bahasa perancis. Main futsal. Menyelesaikan desain untuk kaos pesanan. Mengepel lantai kamarmu. atau …

Ternyata ada banyak hal yang mungkin tengah kamu kerjakan ya. Lucu juga memikirkannya saat ini. Kamu pasti bahagia. Semoga kamu orang yang menyenangkan. Lembut hati.

Kamu tahu, suatu hari nanti, aku akan jatuh cinta pada setiap apa yang ada di dirimu. Kamu juga begitu. Jatuh cinta padaku. Dan kita akan melakukan banyak hal bersama. Kita, berdua. Satu hari nanti, entah bagaimana caranya, kita akan bertemu.

Kita, satu hari nanti, akan melakukan banyak hal bersama. Merasakan nyaman yang tumbuh secara perlahan. Dan sampai pada satu titik

ketika aku
atau kamu

di satu senja yang hangat, berucap:

setelah ini, maukah kau makan siang, atau minum kopi, atau menonton DVD, atau membaca buku, atau lari pagi, atau ke bukit, atau mandi hujan, atau menonton konser musik, atau memandang bintang, atau berkemah di akhir pekan, atau pergi ke taman kota, atau ke pantai, atau ke pelabuhan tua jelang sore, atau memanen senja, atau ke kebun bunga, .. atau apa saja, bersamaku? sepanjang hidup? sampai ujung umur kita?

Satu hari nanti, entah bagaimana caranya, kita akan bertemu dan merasakan nyaman yang tumbuh …

(terinspirasi dari film “You’ve Got Mail”; kisah tentang Kathleen Kelly dan Joe Fox. saya menontonnya berulang-ulang :D. bagian yang paling saya suka adalah ketika Joe dan Kathleen berbincang di sore hari. dan Joe berkata : “well… if i hadn’t been “Fox Books” and you hadn’t been “The Shop Around the Corner,” and you and I had just met…I would’ve asked for your number. And I wouldn’t have been able to wait 24 hours before calling you up and saying, hey, how about… oh, how about some coffee, or drinks, or dinner, or a movie… for as long as we both shall live?”)

38 thoughts on “Maukah Kau?

  1. hmmmmmmmmmm suatu saat pasti akan bertemu, dan betul Atta, yang paling penting ada rasa nyaman yang tumbuh, apa adanya :)

    Kapan main ke Balikpapan nih ?

  2. suka suka suka sukaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa banget ama u’ve got mail ^_^
    & cerita atta tentang kamu ini…. hey, dimanakah kamu-untuk-ku?? ;> kapan kita akan bertemu? started out at cafe.. started out as friends? -i finally found someone- aaahhh lupa bryan adams sama siapa siy itu yang nyanyinya???

  3. ya, lalu pertanyaan selanjutnya adalah…
    you, should I understand you, or I just take it just the way you are.
    you, should I change you, change me, change us to be the better one, or I just take it just the way we are.
    you, should I show all my care to you or I just put in in “the right portion” ….
    mbak atta, mencintai itu apakah rumit, apakah sederhana, apakah membutuhkan energi ataukah menghasilkan energi. ? .

  4. one of my favorite too, tta ! karena ada tom hanks di situ :-)
    tenang tta… kata emak gw.. selalu do’akan bahwa “dia” sedang menuntut ilmu, sedang bekerja di tempat yg baik (di X* mungkin ? ;-) ), sedang memperbaiki dirinya menjadi lebih menyenangkan, sedang… dan lain-lain.

    dan siapa tau, ternyata “dia” itu gak jauh-jauh, tta… kaya’ tiwi ama erwin :D

  5. aduuh.. You’ve got mail… Iya, gue juga nonton berkali2 sampe apal ;)

    Lho, atta udah ketemu sama si ‘kamu’ kan Ta? Itu tuuuh.. pria yang wangi karbol, eh.. wangi hutan cemara itu lho… Dia bukan sih, orangnya?

  6. ———-Kamu tahu, suatu hari nanti, aku akan jatuh cinta pada setiap apa yang ada di dirimu—————

    asyik tuh tta …. kalau jatuh cinta hanya pada kelebihannya khan dah biasa … yg repot adalah jatuh cinta juga pada kekurangannya …..

  7. kamu, satu saat kita akan bertemu, tak hanya di dunia bayangan.

    kamu, kamu baru terbangun dari tidurmu, mengintip keluar jendela kamar yang sengaja kamu buka malam tadi, di sana, di tempatmu berada.

    apa kabar bintang yang kau ceritakan padaku semalam? apakah kau telah sampaikan salamku untuknya? katakan pada bintang itu, aku akan datang menjemputnya, dan memberinya satu kecupan yang tak kan terlupa.

    kamu, ya kamu, jangan lupa sarapan untuk memulai hari padatmu.

    kamu, aku tak tahu siapa kamu, dan di mana kamu berada, tapi kita pasti akan bertemu.

    *smoga yg ini nggak masuk ke bulk mail-nya atta–capek hati mbaca blognya, kasih komen, dan selalu dibuang tanpa sengaja!* :-p

  8. “i love everything about you that hurts.” – closer

    you only mention nice things .. where’s the pain? love is not complete until we feel the pain, get through it and still believe in love. that’s what called love!

  9. hai mbak atta.. apa kabar.. maaf kemarin udah mau pulang jadi balik lagi.. abis saya datengnya belakangan banget sih.. udah gitu pake tersesat lagi.. salam kenal ya..

  10. waaaaaaah… telat masuk lagi. didoakan semoga atta cepet ketemu dengan si ‘kamu’ dan sama2 saling jatuh hati setiap hari sejak itu :-)

  11. sayah.. kamu tanya sayah.. seperti minggu2 yang lewat.. sayah sedang berkeliling di hutan kota seberang kost, dengan sepeda “sibiru” kesayangan sayah heheheheh…(“,)

  12. hai jeng, sayang ya kemaren nggak sempet ngobrol panjang…nice to meet you jeng…postingan yg ini juga keren…I luv that movie too… good luck ya jeng…salam buat si kamu hehehehe

  13. hmm…sekarang dia lagi praktek mbak, ada pasien2 kecil2 yg rewel yg musti dirawat giginya…hihihihi

    mbak.. kalo lagi asik berpetualang kamera, sudilah mampir ke kampung saya di bali…heheheh ;)

  14. kira2 dia bakal telpon gak yah…kira2 dia bakal inget dan kangen sama aku gak yah hari ini….=))
    masih toh tuh orang berkeliaran dalam setiap helaan (tsahh) nafasmu, dek..?? huhuyy dongg jdnya…;;)

  15. you are awesome! gila ya tulisannya cantik banget…mmmhhh..lagi jatuh cinta ya? sammma! bete ya belum ketemu ‘si memabukkan’ itu ? sammmma! good luck,girl…

  16. maaf, aku ngutip sebagian dari entry blog ini di blog saya. saya sudah nyantumin asal-muasalnya. tapi kalo masih keberatan harap beritahu saya. saya akan hapuskan bagian yang dari blog ini.

    Makasih,…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *