Kuntum Apik

Dipotret di Taman Anggrek, Taman Mini Indonesia Indah. Di Senin yang sedikit mendung. Waktu itu, Taman Anggrek sebenarnya bukan tujuan utama kami, saya dan seorang teman kelas foto, tapi karena hari Senin ternyata Taman Mini Indonesia tidak beroperasi, kami akhirnya berburu gambar di Taman Anggrek.

Ini potret pertama yang saya hasilkan dengan lensa tele. Waktu anggrek ini diabadikan saya belum memiliki lensa panjang sendiri, jadi foto ini diambil dengan lensa panjang pinjaman milik teman hunting saya yang baik hati dan ramah tadi. Setelah sekuat tenaga menabung, bulan kemarin saya akhirnya berhasil membeli lensa panjang sendiri ;)

Memotret dengan lensa tele ternyata sulit sekali. Rasanya jendela bidik di kamera bergoyang-goyang terus. Jadi, dari beberapa rol film yang saya habiskan, hasilnya hanya foto ini yang layak tampil :D

Masih harus terus berlatih. Setelah ini, mudah-mudahan lengan saya semakin kuat menahan beban. Setelah ini semoga makin banyak kuntum apik lain yang bisa dihasilkan.

keterangan foto
kamera : Nikon F80D
lensa : Tamron 70-300 f4-5,6 LD
film : Fuji ProPlus asa 100
diafragma : 5,6
kecepatan : tak tercatat

30 thoughts on “Kuntum Apik

  1. keterangan foto
    kamera : Nikon F80D
    lensa : Tamron 70-300 f4-5,6 LD
    film : Fuji ProPlus asa 100
    diafragma : 5,6
    kecepatan : tak tercatat
    tele : minjem

  2. yuuuuuhhhuuuuuu…….udah punya tele, euy ! teletubbies….teletubbies
    ini impian saya juga, punya tele. atau minimal converter, baik yang wide – biar kayak lensa mata ikan – atau converter tele. tapi ternyata, impian itu kalah dengan hobi musik saya. akhirnya, tak jadilah beli tele or converter. hehehehehe……..

    btw, yak selalu jadi pertanyaan, kenapa kecepatannya selalu gak kau sebutin, ta? opo keasikan jeprat-jepret nganti lali ra kecathet?

    ente ikut lomba foto di BF wae, ta! tak dukung sepenuhnya wis.
    hap hap hap …. dukung atta ……. :p

  3. buat Irfan : hihihi, itulah kelemahan menggunakan kamera film; terutama jika Anda mendapat teman hunting yg menyenangkan, sangat menyenangkan. yang ada fokusnya malah ke teman huntingnya, bukan ke kecepatannya. hahaha.

    kalau tak salah kecepatan berkisar di 125 :D

  4. halo halo…hobi fotografimu makin berkembang pesat yo :-) ..anyway by the way, seneng juga bisa baca namamu di Kompas hari minggu lalu, selamat ber backpacker ya ..:-) … anyway, tahu hotel murah2 di jakarta gak ? selain di jalan jaksa kali :-) ada temenku backpacker yang mampir ke jkt tuh…

  5. Ada nama atta di kompas minggu, kayaknya mkn ngetop aja nih :-D
    Bener kan gak ada foto atta di artikel itu ? tu foto dipelototin, rasanya sih gak ada yg mirip atta (sok yakin, pdhal blm pernah ktemu langsung :-p)

  6. keren ta … keren… gw juga pingin bgt neh blajar fotografi …
    btw, thx yah ta dah besuk kita kmaren :) seneng banget bs ktemu atta .. kpn2 kl dah bs jalan2, ktemuan lg yah ta brng baby M :)

  7. ehmmm ehmm taa..sekarang postingannya poto euyy….ada keterangannya lagi…diafragma itu apa an yah? pernah diterangin sama DH tapi lupaa….ayoo latihan terus..biar cepat prooo

  8. good picture!! kayaknya makin gape aja nih moto nya ya ta? moto di taman anggrek TMII itu susah susah gampang. susah karena objeknya gak yang obvious bisa di foto. trus sekalipun bisa di foto, mesti pake peralatan yang mayan mendukung. senangnya udah punya tele.. gue dari dulu pengen punya tapi masih mikir soalnya jadwal huntingnya udah agak2 jarang.. daripada ga kepake, mendingan ditunda dulu keinginan punya nya… :)

  9. Neng,

    Aku aja nyicil kok mbeli si lensa, sekaligus nunggu apakah ada temen yang mudik ke New York atau nggak, ada toko lengkap sekali disana, nih alamatnya: http://www.bhphotovideo.com

    Akhir2 ini agak jarang photo-hunting, abis udahmau deket end-of-budget-year, jadi hectic banget, kalau moodnya berantakan si foto bisa nggak yahud!.

    Kapan photo hunting ke africa? :)

  10. wih gambarnya ok banget, baru tau kalo atta juga hobi fotografi. Kemaren jadi atau ga jadi sih ke Sgp? aku dan Sam dah siap2 padahal tunggu telpon dari Yuli, katanya Atta begitu nyampe bakal telp Yuli, tapi ternyata ga ada…

  11. Mbak, fotonya cantik pisan euy! Saya seneng motret (n kalo mo jujur ya seneng dipotret juga), tapi disebut amatir pun saya gak pantes. Soalnya kalo motret hanya berdasarkan insting hehehe…
    Salam kenal…

  12. kalo speed 1/panjang lensa ga tercapai (kalo di 300mm, speed minimal 1/300) ya pake tripod atau monopod atau nyender atau pake tele yang ada VR nya :)

  13. wah….fotonya bagus banget, mba atta…
    jadi inget, ada yg pengen ngado anggrek bwt ultah perkawinan ibunya.
    lam kenal y…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *