Mesin Waktu

Kemarin sore, di dalam percakapan di kubus maya, antara saya dan seorang teman, tiba-tiba kata itu muncul …
mesin waktu

Teman saya, seorang programmer dengan selera humor yang teramat sangat baik itu berujar;
dia (18:01:07) : kalo ada mesin waktu gua pengen kembali ke masa-masa ada nenek gua
dia (18:01:26): kayaknya tentram kalo udah nyampe rumah dia

Dan saya terdiam sejenak, mencoba mengumpulkan serpihan ingatan. Beberapa bulan lalu, saya sempat berkunjung ke kota di mana ia tinggal. Kami bertemu dan bertukar tutur hingga dini hari.

Di sela-sela percakapan, beberapa kali saya dengar teman saya ini bercerita tentang nenek. Bukan obrolan yang membosankan, karena ia punya segudang gaya cerita yang bisa membuat saya terpingkal-pingkal. Menyenangkan.

Cerita tentang perempuan pembawa damai yang disapa nenek itu kembali hadir dari teman saya, si programmer yang cerdas, sore itu, saat kami tiba di obrolan tentang mesin waktu.
mesin waktu

Apa yang akan kalian lakukan kalau perangkat ini benar ada?

Kalau saya, saya hanya ingin mesin ini mengantarkan saya ke satu masa. Saat-saat terbaik yang pernah datang dalam hidup. Kota kecil, perpustakaan dengan jendela besar, bunga kuning kecil luruh dari pokok pohon, terjaga dari tidur pagi dengan rasa kangen yang utuh, kecupan dalam hujan, kost yang nyaman, rapat organisasi, waktu berkumpul, tak pernah takut menjaring mimpi … apapun itu.

Jadi, saat mesin waktu ini ada, yang akan saya lakukan adalah, mengucapkan kata sandi dan empat angka yang membentuk tahun, ke satu masa, saat-saat terbaik dalam hidup saya, saat-saat menjalani hari dengan ringan, sangat ringan.

Sampai tadi malam bayangan mesin waktu ini masih mendominasi pikiran saya. Tapi pagi ini, saya rasa saya tak lagi membutuhkan mesin waktu. Kembali ke belakang? apa enaknya. Bukankah kenikmatan itu ada ketika kita menemukan begitu banyak kejutan yang diberikan oleh hidup, setiap harinya. Memang tidak semua kejutan meninggalkan bekas yang manis, beberapa bahkan datang dengan torehan getir dan episode biru. Tapi, bukankah di situ letak seninya hidup? Kejutan, perubahan, tumbuh, dari hari ke hari.

Jadi, bukan, bukan mesin waktu yang sekarang saya butuhkan, tapi semangkuk es kacang merah. Yup. Setelah itu, saya akan berbisik pelan, untuk diri saya sendiri, “nggak papa kok, semua akan selesai, dan kembali baik. Pasti.”

untuk teman programmer : terima kasih. meski tak membantu tapi lumayan lah. halah. hehehehehe. dan hai, meski tanpa mesin waktu, kamu bisa menghadirkan perasaan tenteram seperti yang dibawa nenek kapan pun kamu mau.

20 thoughts on “Mesin Waktu

  1. andai sy pny mesin wktu pasti q akan melihat masa depan ku n meminta saran apa yangg harus kulakukan biar hidup bs bahagia n sukses spt masa depan. tapi q percaya suatu saat akan ditemukan

  2. kembali ke masa sd…
    masa yg paling indah..
    mungkin takkan pernah terulang..
    tuhan..
    berilah waktu itu sekali lagi…
    walau hanya dalam mimpi…

  3. kalo ada mesin waktu, aku mw kembali ke masa lalu, dimana aku masih tinggal bersama ayah, ibu, hal itu yg paling indah, hidup bersama ayah dan ibu merupakan suatu hal paling indah, tiap malam, aku membayangkan apakah mesin waktu itu akan benar2 ada ?, oya hai namaku billy kelas 2 SMA, aku org yg hdup sebatang kara :-)

  4. Klo w…
    KpnGn BnGt w Yg NmuiN Tu MsiN WKtu…

    WalAU Bru KpNgN…

    Coz w PnSran KLo Bnar Da MsiN WkTu PsTi BNyK BanGt Tu OrnG MaSa DpN BlK Lgy Ke MaSa LaLunYa…..

    Tpi SeJauH InI Lum Da Yg NgAKu Dri MaSa Dpn…….

    MunGKiN ja HanYA MiMPi…
    TaPi TrUZ BruSaHa…

    Sapa Tw W BisA Nmuin Yu MesIn WkTu…

  5. kalau memang terjadi alat itu..saya akan kembali ke jaman di mana ada albert einstein hahahaha(konyol)
    dan saya akan ke tahun sebelum masehi
    ……………
    tapi katanya ada dukun yg bisa loncat dengan kecepatan cahaya tau bener apa kagak kalau gak salah kakeknya tony daud dah ada yg pernah dengar gak….
    jadi ceritanya begini dia dari daerah mana gitu
    trus loncat ke jakarta dengan 1dtk katanya aku masih bingung kok ada ya orang konyol seperti itu….bisa si bisa kan bantuan setan ya hahahahaha…
    “Ayo usahakan bisa mendapatkan gelar tertinggi dari pada albert einstein dengan menciptakan mesin waktu hehehe”

  6. klo mesin waktu bner2 ada,, aku ke msa depan,, ke thun 2234,, aku ingn thu bgimna nasib bumi saat itu?? dan aku ingin thu sprti ap msa depan,, apkah indah atau gelap??

  7. Kalo ada mesin waktu. aku kepengen pergi ke masa lalu untuk menguak sejarah bangsa ini yang masih samar-samar lalu aku akan sebarkan ke umum.

  8. klo gw pengen balik ke masa2 waktu masih smp…
    soalnya ada hal yg pengen gw pebaikin…
    yg ekarang malah jd mimipi buruk buat gw…

  9. kalo aku isa balik ke masa lalu,,,,,aku pengen ke masa2 waktu kecil ku dulu,,,,aku ingin merubah sesuatu yg saat ini menjadi trauma yg amat mendalam dalam hidupku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *