Kangen Solo

kangen Solo
langgam dan gerak yang khas. nafas pagi. semburat merah. canda matahari. bunga kuning kecil luruh dari pokok pohon. palem depan kost. angin Oktober. jembatan di batas kota. gerimis satu-satu mencumbui aspal. gemintang tengah malam.

kangen Solo
bunga rumput. tempat duduk kayu dengan jendela besar di perpustakaan pusat. lapangan rumput depan rektorat. rimbun teratai dekat kampus pertanian. sungai kecil. flamboyan merah. kantin sastra. boulevard. kembang kertas. papan panjat belakang fisip.

kangen Solo
sepanjang Ir. Sutami. jalan pintas ke Taman Budaya Surakarta. pertunjukan teater selepas Isya. pendopo STSI. kelapa muda manahan. kolam renang dekat rumah sakit umum daerah. nasi goreng bapak berkacamata persis di ujung jalan. pohon asem balaikota. dawet pasar gede. ramai sekaten. es teh manis ngisor pelem. toko kaset bekas di mulut gang. pasar klitikan. alun-alun keraton. gemulai gladak. bioskop singosaren. siraman cahaya lampu kota. halte kantor pos. serabi sore hari. stasiun balapan. garang asem depan bengkel. ikan hias pasar gede.

kangen Solo
rumah dengan patung kuda di slamet riyadi, masih adakah?. binar purwosari. menunggu kereta dalam kota lewat tengah hari. lotek dekat rel. ah… hampir lupa; rona sriwedari. lesehan pinggir jalan. labirin laweyan. angkringan monumen pers.

kangen Solo
hangat. peluk. kasih. cinta. tawa. senyum. sahabat. berbagi. kawan. genggaman tangan. peluh. kisah. riang. doa. pijar. harap. pagut senja. cita. asa.

37 thoughts on “Kangen Solo

  1. beberapa sudah ada yang berubah tta.

    jalan depan fisip-hukum sudah banyak ditempeli kios.

    toko kaset bekas sudah ndak ada.

    di depan rumah berpatung kuda bakal berdiri mal baru.

    sama satu lagi.
    para mantan. apa khabar yah mereka?

  2. warung ronde di belakang itu masih ada? kalo malem buat gayeng-gayengan enak lho… di sana ada murtidjono, halim hd, dan banyak lagi pokoke aku cuma kenal nama dan mereka ndak kenal aku. habis itu ke wongso lemu, asyik… ah tapi itu sudah lama sekali. dulu aku diajak sindhunata majalah basis dan hari budiono perupa yogya itu…

  3. Bener banget! Mungkin pas kelar mudik saya kaan bilang: Kangebn Monrovia…dimana disana banyak sekali huru-hara, mobil Un yang pecah kacanya dilempari batu oleh para demosntran itu, security advisory email yang hinggap di email inbox minimal 3x sehari, Radio HT Satpam yang harus dibawa kemana-mana saat keluar kantor, kartu ID Pass yang harus di slide untuk bisa nyalain mesin mobil..dan urusan sakit kepala yang menunggu diatas meja…:), Tapi tetep saya juga mau ke solo, kok.. ;)

  4. waduh,…. jadi ikutan kangen solo….. mana lebaran ga mudik,….hik!
    terlalu banyak yang manis disana, susah untuk ga mengingat semua yang ada dan pernah ada di sana,… penyakit lama jadi kambuh nich,….homesick!!!

  5. pagar depan FISIP sekarang bukan lagi besi tapi suadah tembok dan banyak kios bermunculan di sana.
    Singosaren masih ada, sekarang ada tiga tiga studio.
    Kantin sastra yang atas atau belakang Kopma ?
    Pendopo STSI ? mmmh nice place
    halte depan kantor pos, kayaknya sudah nggak ada tuh… jalannya diperlebar.
    Dulu kost dimana sih, biar saya cek apakah pohon palem itu masih ada?

  6. atta, apa kabar…??? huhuhuhu gue suka susah nih buka blognya… gak tau kenapa… hikz… kangenn… ketemuan yuk taa… buka puasa..?? pasaraya..?? hehehehehhee

  7. yang lutu mungkin sayah, dari umur 6 tahun ampe 22 tahun tinggal disalatiga tapi ke solo baru 2 kali aja itupun cuman liat pasar klewer yang satu numpang lewat yang satu 10 menit ngendon..ya ampyun..boleh dilinkkan?

  8. Attttaaaa….kangen Salatigaaaa…lho?? gak ada hubungan ama Solo ya? Yah paling enggak klo mau ke Yogya dari Salatiga, lewat Solo jugak lah dikit. Plus ada cowok Solo yg dulu sempet jadi kecengan saya heuheheheh…

  9. gre : para? mantanmu piro to mas? :)

    menyerah : wongso lemu? huhuhu, makin kangen solo.

    hadi : itu gre-nya ada di komen nomer satu ;)

    Qky : lima belas hari lagi pak :D

    siberia : tahu pasar klewer? wah, sudah hebat itu.

    sa : oh ya? :D

    mushrooms : nek mepet lebaran ngene pepak banget mbak. hiruk pikuk :D

    hani : saya juga :)

    sireum : udah balik dari jogja kah?

    cici : biar pileknya sembuh dulu ya neng; baru nengokin bandung lagi.

    otty : kapan2 kalo sempet main2 ke solo ty.

    Luigi : saya juga jadi pengen liat Monrovia :D

    rastya : biar jauh (katanya) solo tetep di hati. bukan begitu? :)

    eyi : kangen eyi juga *hug Mode ON*

    emil : kangen cipinang juga Mil?

    andi : i love u so much… hehhehehe. makasih ya info terbaru soal solo.

    ciphie : ciphieeeee… apa kabar non? masih hiatus?

    nana : :D. di link? silakan. thanks.

    Imponk : bener nih? kita ketemuan ya kalo aku ke sana.

    neny : satu lagi penduduk salatiga. hehehehe. :) btw makasih banget picturenya.

  10. hihihi…telat juga neh. Bener info lengkap dari gre tuh. kios kaset bekas masih harus ke pasar klithikan..Rumah dengan patung kuda masih ada, cuma ntar matahari yang di gedung sritex tuh pindah ke mal baru yang di depan Gelael itu lho.Mo tambah tiga mal baru tta’ tahun depan..pusing emang.Halte depan kantor pos dah gak ada, Gladak tambah rame iya..ruwet iya juga hehehhehe kapan ke solo? luv ya..

  11. Kelembutan yang membungkus dendam, itulah bayanganku tentang Solo. Gak tau’ mulai kapan dendam itu membara, mungkin dari jamannya Mataram? Ada yg bisa kasih tau’?

    Tapi.. aku suka kangen dengan sate tempe, dawet dan ayam goreng pasar gede. Sayang sekarang udah jadi sasaran orang jakarta yg pulang ke Solo… Mahal..

  12. Pingback: Hi there
  13. Solo, kota indah penuh nuansa perjuangan. UNS penuh warna kedamaian dan persahabatan, yang membuatku semakin bangga dengan nuansa solo yang aku yakin, tak akan pernah sama dengan kota lain. aku tak mungkin menjadi seperti sekarang jika aku tak mengenal solo. Subhanallah…Soloku…

  14. Hallo…

    Saya lg cari info ttg pagelaran tari 24jam di STSI Solo tgl 30 April kemarin….pny teman di STSI Solo?
    Trims b4 ya….silakan japri ke email sy aja ya

  15. HHaaaaaahhhh…..hhmmmm
    Di Solo paling enak tu Suasana pagi harinya.
    Membuat setiap insan bisa menghirup kedamaian.
    Yuuu’
    Yo muleh yo cah!

  16. kota solo adalah kota yang penuh budaya.
    setiap waktu tertentu mempunyai acara tradisional yang sangat sakral.seperti kirap kerbo putih.serta gunungan,dan masih banyak lagi..
    aku memang bukan asli solo tapi k pernah sekolah di solo selama 6 tahun.budaya solo itu memang indah…………..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *