Selamat ulang tahun….

banyak yang keliru mengeja nama saya. kredi, gradi, grady, greedy dan lain sepengucapannya. apalagi orang-orang tua. hanya simbah saya saja yang fasih memanggil nama saya.

gredi. lengkapnya gredika. panjangnya gredika noor hanes. biasa saya singkat gredika enha. teman-teman memanggil saya gre, gred, dee, atau dika. tapi saya lebih senang dipanggil gredika. maka jangan keliru lagi mengeja nama saya ya..
(dikutip dari daun lontar)

saya tak pernah keliru mengeja namanya. biasanya saya menambah sapaan “mas” didepannya. Mas Gre, usianya tiga tahun diatas saya.

meski telah memanggil memori yang tersimpan, kepingan yang satu itu tak kunjung tiba, saya tak ingat kapan pertama kali menemukannya. yang pasti, saat itu saya hanya berbekal alamat surat elektronik. meninggalkan jejak berupa ucap di rumah senjanya.

sejak pertama kali bertamu, daun lontar dengan nuansa coklat telah menyihir saya. roncean aksara yang lahir dari tangan laki-laki asal margasari ini seperti magnet, menarik saya untuk datang dan datang lagi.

roncean aksara… disana ada hidup, canda, teka teki, tawa, cinta, senyum, persahabatan, puisi, cerita bijak, kisah laba-laba yang menuai titik bening di ujung kelopak mata.

roncean aksara menghantarkan saya pada kecantikan solo, kota yang menempati ruang kecil di hati saya saat ini. setiap kali menginjakkan kaki di daun lontar, saya seperti berada di boulevard kampus, bunga kuning kecil luruh dari pokok pohon, Ir. Sutami, puncak lawu dari kamar kost, singosaren. betapa saya merindukan denyut nadi solo dalam setiap helaian nafas…

lebih dari itu, roncean aksara laksana sahabat yang mengulurkan tangan dengan ramah. ayah dengan satu putra ini bertanya, menjawab, petuah bijak yang mampu mengurangi beban saat pundak ditumbuhi gundah. dia teman berbagi yang menyenangkan, tahu kapan harus menyelipkan gurauan agar senyum kembali tersungging.

setelah “dia yang namanya tak boleh disebut” nuansa langit sore sehabis hujan datang lewat goresan di daun lontar. butiran air mencuci cakrawala yang membentang, biru dengan sapuan awan tipis…

terima kasih. untuk penggalan kisah yang selalu tersaji.
terima kasih. untuk roncean aksara yang memukau
terima kasih. untuk petikan-petikan bijak
terima kasih. untuk memberikan secercah harapan; bahwa esok pasti lebih baik…

selamat ulang tahun mas gre. maaf telat :). semoga lebih baik, sehat dan keberkahan selalu menaungi keluarga, semoga semua asa dapat terwujud. salam sayang saya untuk i maheswara cetta gantari, jagoan yang pasti tak kalah ganteng dengan ayahnya juga untuk mbak putri, istri tersayang.
tetap meronce aksara ya…

One thought on “Selamat ulang tahun….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *